Pentingnya Shadakoh

Assalamuallaikum wr,wb.

Hai, ketemu lagi sama Afif Ramandha blogger paling kece, keceburgot hahaha bercanda sedikit supaya tidak tegang. Kali ini Afif akan membahas tentang sadako ehh shadakoh, sadako mah setan yang di Jepang yang suka keluar dari Tv, all Afif mau main tebak-tebakan dulu. Nih all kenapa sadako keluarnya dari Tv Hayoo? Kalau keluarnya dari hati disertai niat baik itumah namamanya shadakoh hahaha, tuhkan nanya sendiri dijawab sendiri hahaha, udah ahh bercandanya sekarang waktunya serius, tapi sebelumnya kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt.

Secara bahasa shadaqah berasal dari kata shidq yang berarti benar. Dan menurut Al-Qadhi abu bakar bin Arabi, benar disini adalah benar dalam hubungan dengan sejalannnya perbuatan dan ucapan serta keyakinan. Dalam mkna seperti inilah, shadaqah diibaratkan dalam hadist : “ Dan shadaqah itu merupakan Burhan (Bukti)”.(HR. Muslim).





Pengalaman sedekah Afif dalam mempraktekkan ilmu  sedekah bisa dibilang belum terlalu banyak. Memang banyak sekali godaan yang sering mengganggu pada waktu ingin bersedekah seperti : sedekah koq banyak-banyak, udah capek-capek cari duit koq malah disedekahin dan lain-lain. Tetapi Afif sadar bahwa sedekah itu adalah amalan yang harus selalu dipupuk, Ikhlas itu harus dipelajari dengan cara diamalin. Jadi seringkali Afif memaksa diri sendiri untuk terus bersedekah, walaupun kadang sampai kepikiran terus (mungkin belum ikhlas). Dan satu yang Afif rasain setelah melakukan amalan sedekah adalah Afif tidak pernah merasa kekuranganmateri, walaupun uang pas mau habis tetapi ada saja rezeki yang terus datang, Alhamdulillah. Oke, pada artikel kali ini Afif ingin berbagi tentang pengalaman sedekah yang pernah Afif amalin semoga bisa bermanfaat dan memotivasi kalian.


Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Materi Reproduksi

Ringkasan Seni Budaya Semester Genap Kelas XI