Karya Tulis Sederhana

Masalah =SmartphoneJudul =”Pengaruh Smartphone terhadap prestasi siswa di bawah umur 18 tahun”.Latar Belakang = Dewasa Ini smartphone sangat mempengaruhi prestasi siswa yang sudah mempunyai smartphone harganya yang cukup terjangkau dan dab sangat mudah mengoprasikanya untuk bermain game offline maupun online,media sosial dan sebagainya tak jarang karena sangat mudah mengoprasikanya untuk  banyak siswa yang terjerumus ke arah radikalisme sehingga banyak pelajar yang menjadi anggota teroris organisasi pemberontak yang banyak menyerang anak di maweah umur untuk dilatih menjadi anggota mereka hal ini menyebabkan karena banyak situs atau website yang tanpa disadari berbau radikalisme dan terorisme yang membujuk pelajar untuk bergabung menjadi anggota mereka hal ini menyebabkan siswa tidak mau belajar,tidakinggin sekolahm,bahkan sudah tidak mementingkan sekolahnya lagi hanya karena terbujuk menjadi anggota mereka untuk berjihad di indonesia banyak terjadi kasus ini dan rata-rata menyerang  pelajar dibawah umur 18 tahun yang sangat mudah terbujuk oleh teroris tersebut banyak anak di bawah umur 18 tahun yang sudah dipersenjatai dan dilatih ke medan perang bahkan banyak yang menjadi bom bunuh diri di wilayah konflik tertentu dan kebanyakan terletak di timur tengah dan sebagainya.Tak jarang remaja rela meninggalkan anggota keluarga,sanak saudara dan pendidikanya hanya untuk pergi dan memilih menjadi anggota eadikalisme.Rumusan masalah :                                                                                                                                                        1)Apa yang dimaksud smarphone?2)Apa dampak positif smartphone bagi prestasi siswa?3)Bagaimana Pengaruh smartphone terhadap prestasi siswa di bawah umur 18 tahun?Tujuan :1)Membuat remaja masa kini lebih mementingkan pendidikan.2)Membangun remaja yang lebih selektif dalam penggunaan smartphone.3)Membentuk remaja yang berprestasi dibidang masing-masing.Kerangka Teori = Di zaman serba teknologi sekarang ini smartphone atau ponsel nukan barabg asibg bagi siapapun bahkan anak-anak kecilpun sufah banyak yang bermain smartphone anak-anak di sekolah ini memiliki kewajiban untuk belajar.Lalu bagaimana pengaruh smartphone terhadap prestasi siswa di bawah umur 18 tahun? menurut theojakaprakoso Akhir – akhir ini telepon pintar (smartphone) atau alat komunikasi perkembangannya semakin pesat termasuk di kalangan pelajar. Tak sedikit siswa/I  atau para mahasiswa yang mempunyai smartphone , akhirnya berdampak pada minat belajarnya. Kegiatan belajar sering terganggu karena handphone itu karena para pelajar menggunakan smartphone pada saat belajar atau pada saat KBM.Apa dampak positif smartphone bagi prestasi siswa?menurut kompasiana adalahSebagai alat komunikasi, handphone tentu sangat berguna bagi seorang siswa. Baik berkomunikasi dengan para teman-temannya, maupun berkomunikasi dengan.ara guru dan juga untuk browsing bila ada tugas sekolah.Apa yang dimaksud smaetphone?menurut sridianti Smartphone adalah telepon yang menyediakan fitur yang berada diatas dan di luar kemampuan sederhana untuk membuat panggilan telepon. Sementara istilah dapat digunakan secara wajar untuk semua jenis telepon, smartphone biasanya dipahami sebagai ponsel dan bukan telepon rumah. Selama bertahun-tahun, konsep ponsel pintar terus berkembang sebagai perangkat tangan telah menjadi lebih canggih.
Kesimpulan =
Kesimpulan =Berbagai dampak yang dapat ditimbulkan oleh telepon genggam atau handphone tersebut. Baik itu dampak positif ataupun dampak negatifnya. Siswa dan siswi dapat membatasi penggunaan HP itu dari kesadaran diri sendiri, pengaruh teman , didikan orangtua dan juga guru-guru di sekolah. Asalkan siswa dan siswi dapat membagi waktu untuk urusan belajar dan bermain dengan HP, itu tak masalah. Jam belajar lancar dan diselingi dengan bermain HP, namun jangan juga sampai siswa ketagihan memakai HP, itu perlu dibataskan dengan pengawasan orang tua jika di rumah , dan para guru jika disekolahPemakaian HP dalam penurunan prestasi, itu tidak 100% benar. Tergantung dari diri kita sendiri. Semua pelajar SD, SMP, SMA pasti pernah memakai HP, namun pakai tapi tidak terlalu mengetahui fungsi yang sebenarnya percuma juga. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelajar memakai HP boleh – boleh saja, namun tidak boleh sampai ketagihan dan lupa waktu akan belajar. Jika sudah sampai titik ketagihan, itulah yang membuat kita lambat laun malas belajar, menengok sebentar ke telepon genggam kita dan mengutak-atiknya akhirnya kita menjadi malas belajar, dan menimbulkan penurunan prestasi di kelas.Saran =Memang menjadi dilema bagi orangtua untuk tidak membelikan HP pada anaknya. Jika harus membeli HP seharusnya orang tua harus mampu memproteksi permata hatinya dari pengaruh negatif dari HP. Secara berkala orang tua harus memeriksa isi HP putra-putrinya. Bagi sekolah yang tidak melarang siswanya membawa HP harus secara berkala melakukan razia terhadap penggunaan HP agar siswa terjamin bebas dari pengaruh destruktif HP.Bagi orangtua, ada beberapa isyarat untuk mencurigai perilaku anaknya yang telah menyimpan file gambar atau video tidak senonoh. Adapun perilaku tersebut;–          Anak tidak meletakkan HP sembarangan di rumah–          Orang lain tidak dibenarkan untuk membuka HP-nya termasuk orangtuanya.–          Anak selalu menyendiri dan asyik dengan HP-nyaJika anak/siswa telah menunjukkan perilaku di atas, sebaiknya orang tua harus dengan paksa memeriksa isi HP anaknya sebagai upaya preventif agar anak terbebas dari pengaruh negatif HP. Berdasarkan paparan di atas, sangatlah wajar jika beberapa sekolah mengambil kebijakan melarang siswanya membawa HP ke sekolah sebagai upaya preventif dan kepedulian terhadap masa depan siswanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Materi Reproduksi

Ringkasan Seni Budaya Semester Genap Kelas XI